jump to navigation

Minum Airpun Ada Segudang Pengetahuan Maret 16, 2010

Posted by brightmagician in Fakta dan Berita.
trackback


Sebelum minum, Ada sesuatu yang Anda perlu ketahui :
Air murni:

Air tersebut telah melalui berkali-kali penyaringan untuk menghilangkan berbagai jenis mikroba, kotoran dan kandungan mineral yang bermanfaat, yang diutamakan adalah segi keamanan untuk diminum, ia adalah semacam air lunak. Banyak orang beranggapan bahwa ia tidak cukup nutrisi, bila diminum dalam jangka waktu panjang akan merugikan kesehatan, namun pandangan ini belum terbukti kebenarannya.
Air mineral:

Air tersebut adalah sumber materi yang alami, ditambang dari kedalaman lapisan bumi,ia kaya dengan kandungan mineral yang langka, sedikit bersifat basa/alkali, selayaknya lebih bermanfaat bagi kesehatan, tetapi tidak mengesampingkan kemungkinan telah terjadi pencemaran organik didalamnya.
Air berkandungan mineral:

Air tersebut merupakan air mineral buatan yang diolah dari air murni ditambahkan cairan bahan mineral yang dipekatkan menurut perbandingan kebutuhan tubuh manusia. Ia melambangkan kecanggihan pengehatuan teknologi baru di bidang air minum.
Banyak minum air yang baik

Sebisanya menghindari minum air suling (air suling umumya bersifat terlalu asam, dapat membahayakan tubuh, bagi orang yang ginjalnya lemah terlebih tidak baik. Bila ingin memilih air minum, pilihlah air mineral yang berkualitas.

Bila memungkinkan, minum air yang bersifat alkali adalah paling bermanfaat bagi tubuh manusia. Jika tidak, gunakanlah saringan air dirumah kemudian dimasak lagi untuk diminum, itu juga boleh.
Minum air hangat

Banyak orang suka minum air es (air dingin).

Sesungguhnya, air es tidak menguntungkan bagi fungsi pencernaan di lambung dan usus. Minum air hangat akan lebih bermanfaat, dengan suhu sekitar 25-30 derajat Celsius, ia memiliki sifat yang sangat berdekatan dengan cairan sel-sel manusia, sehingga lebih memudahkan untuk menembus sel-sel dan diserap oleh tubuh.

Sering mengkonsumsi air hangat, dapat meningkatkan kekebalan tubuh manusia, meredam kelelahan, menjaga kelembaban kulit dan membuat wajah lebih bercahaya.
Minun dengan perlahan untuk dinikmati

Minum air terlalu cepat dan tergesa-gesa secara tak sengaja akan menelan banyak udara, mudah menyebabkan kembung atau cegukan, terutama orang-orang yang lemah fungsi lambung dan ususnya. Minun air seharusnya dengan suasana hati yang baik, dinikmatinya perlahan seteguk demi seteguk.

Sebaiknya meletakkan air ditempat yang dekat, sehingga dapat mengingatkan kita harus sering minum.
Menolak air yang “usang”

Jika air tidak sering bergerak, melainkan dalam keadaan statis bagaikan “air mati”, itu merupakan air yang telah usang.

Air galon atau kemasan botol jika telah tersimpan dalam jangka waktu lama sejak ia diproduksi di pabrik sampai dikonsumsi, maka akan mempengaruhi kualitas air.

Setelah dibuka dari kemasan dan disimpan tidak bergerak lebih dari 3 hari, akan menyebabkan penuaan air, sebaiknya jangan diminum.
Pilih air baik yang sehat

Prasyarat air yang baik adalah tidak boleh mengandung pestisida, logam berat, bakteri dan zat berbahaya lainnya, ia harus terdapat kandungan zat anorganik berupa kalsium dan lainnya yang larut secara merata. Air yang paling bagus adalah air yang bersifat alkali ringan dengan nilai PH 8 ~ 9 ; suhu air sebaiknya lebih rendah dari suhu tubuh, kira-kira 20 ~ 25 celcius ; dan yang terbaik adalah air yang kaya ion hidrogen.
Yang terbaik adalah menggunakan gelas kaca

Gelas kaca dalam proses pembuatannya tidak mengandung bahan kimia organik. Ketika orang minum air atau minuman lainnya dengan menggunakan gelas kaca,tidak perlu khawatir akan zat-zat kimia ikut terminum ke dalam perut. Lagi pula permukaan kaca licin, mudah dibersihkan sehingga bakteri dan kotoran tidak mudah menempel dan berkembang biak di dinding gelas. Pilihan pertama untuk gelas air minum adalah gelas kaca.
Minum air dengan variasi selayaknya

Bagi kaum wanita, selalu minum air putih tanpa varisi akan membosankan. Agar membuat hidup sedikit lebih menyenangkan, maka teh bunga, teh hijau, atau sedikit jus yang kaya vitamin dan berkadar gula rendah ditambahkan dalam air minum, akan membuat minum jauh lebih beraneka-ragam.

Tapi pagi dan malam harus minum air putih ,jangan digantikan dengan teh atau minuman lainnya.
Memastikan setiap hari minum 8 gelas air

Orang dewasa harus menjaga metabolisme yang normal dan sehat. Setiap hari rata-rata minumlah sekitar 2 liter air, atau kurang lebih 8 gelas.

Karena seseorang tiap hari akan menghabiskan setidaknya 2.500 c.c.air, selain kadar air yang diserap dari makanan, masih harus menambah kira-kira 2 liter air, kalau tidak akan mempengaruhi pembaharuan kadar air dalam tubuh.

Jika Anda juga suka minum alkohol, merokok, minum kopi, maka air yang perlu anda tambahkan lebih dari 8 gelas. (akw) sumber: erabaru.net

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: