jump to navigation

mengapa bumi berputar? Februari 16, 2010

Posted by brightmagician in Fakta dan Berita.
trackback

nah pasti agan tau dong bumi bentuknya kaya gimana ? (ya ialah, masa jaman sekarang masih ada aja yg belom tau?) hahaha .

masih inget pada copernicus? yg dihukum mati karena menyebutkan bumi berevolusi pada matahari?

nah, pendapat copernicus itu baru dapat diterima masyarakat sekitar 70 tahun kemudian setelah copernicus mengemukakan pendapat tersebut.

nah ternyata selain bumi berevolusi , bumi juga berotasi . apa sh berotasi itu ? berotasi itu berputar pada porosnya . nah karena rotasi itu yg gampang contohnya itu menyebabkan siang dan malam .

nah ternyata, mengapa bumi berputar? itu menjadi pertanyaan yg sampai sekarang belum dapat dijawab ! mungkin agan agan berpikir itu pertanyaan anak kecil . tp bukan! tetapi itu pertanyaan yg sangat serius oleh ilmuwan di bidang astronomi !

mengapa itu belum dapat dijawab ?

kalau ditinjau menurut fisika (bagi agan yg suka fisika silahkan masuk)

Untuk memahami gerak rotasi planet, istilah ‘momentum’ menunjukkan besar tenaga untuk menghentikan benda yang bergerak . Dalam sistem berputar tanpa gesekan, prinsip yang sama juga berlaku, Sekali berputar dalam orbit tertutup, benda akan bergerak dengan momentum sudut tetap. L = m.v.r, dimana m adalah massa dan v adalah kecepatan berputar. Teori momentum sudut dapat membantu kita memahami mengapa bumi masih berputar secara kontinyu, namun jangan lantas diartikan sebagai konstan!

nah karena bumi itu berotasi , kita jangan beranggapan bahwa bumi itu berotasi secara konstan ! loh kenapa?

kecepatan rotasi bumi setiap harinya selalu bertambah atau berkurang dalam ukuran beberapa milidetik tergantung pada distribusi massa Bumi dan perubahan kondisi atmosfir !

nah apa yg menyebabkan kecepatan rotasi berubah? ada beberapa faktor yg sampai sekarang masih dipegang oleh para ilmuwan . yaitu

1.Gempa bumi
2.Pergeseran gerak air
3.Pergerakan lapisan udara

itu faktor faktor yg dipegang oleh ilmuwan ilmuwan sekarang. tp menurut Thomas Djamaluddin, pakar astronomi dan astrofisika dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) <— dari indonesia nih gan ! beliau beranggapan
perubahan kecepatan rotasi Bumi yang berpengaruh terhadap lama waktu dalam satu hari di Bumi disebabkan faktor luar Bumi (eksternal). Ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa perubahan kecepatan rotasi Bumi disebabkan karena Bumi semakin berat.
Namun, kata Thomas, anggapan itu tidak teruji. Satu-satunya massa yang menambah berat Bumi dari luar adalah batu-batuan luar angkasa yang jatuh ke Bumi. “Itu juga tidak terlalu memberatkan Bumi hingga bisa menyebabkan rotasi Bumi melambat,” ujarnya. Lebih lanjut Thomas mengatakan perubahan kecepatan rotasi Bumi yang kian melambat disebabkan efek pasang surut bulan terhadap Bumi. Hal itu terkait erat dengan pengaruh gaya tarik Bumi dengan Bulan

wah ternyata dari indonesia berani beranggapan juga gan

nah nih gan, mungkin agan ada yg nanya, emg kecepatan bumi berotasi berapa sih? kecepatan bumi berotasi adalah sekitar 1600 km/jam gan ! wuih , kenceng juga yah gan ! itu pun dapat bertambah atau berkurang sesuai faktor yg tadi gan

nah kalau agan ada yg bertanya , bisa ga sih ngukur kecepatan bumi di wilayah tertentu ? BISA ! wah gimana caranya? gini gan
Keliling Bumi di katulistiwa adalah 40,070 km, dan satu hari sepanjang 24 jam, dimana Bumi berotasi pada kecepatan 1670 km/jam. Ini berkurang sesuai dengan besarnya kosinus posisi lintang (latitud) di suatu lokasi. Di Jakarta dengan latitud 6º LS -> cos(6) = 0,994, maka kecepatan rotasi Bumi disana adalah 0,994 x 1670 = 1660 km/jam

nah ternyata gan . rotasi bumi itu semakin tahun memang melambat secara alamiah gan !
Sekitar 620 juta tahun lalu, satu hari di Bumi membutuhkan waktu sekitar 22 jam. Hal itu diketahui dari data-data geologi dan astronomi yang ada. Dari perhitungan astronomis diketahui rotasi Bumi melambat pada tingkat 0,005 detik per tahun. Perhitungan itu menghasilkan kesimpulan bahwa Bumi memerlukan waktu berotasi selama 14 jam pada 4,6 miliar tahun lalu !!

wah gan ! sehari cuma 14 jam . kalo kita tidur sehari 8 jam , jadi kita cuma aktifitas 6 jam dong gan . hehe

sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2985837

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: